Selasa, 11 Januari 2011

presentasi

Merakit Komputer
Kelompok 6

Vinnezia natasya
Fitri Pratiwi
Juniana
Putri Theresia
Frisma
Gabriela W


Kata Pengantar

Puji syukur kami panjatkan kepada Tuhan yang maha kuasa, yang telah memberi rahmatNya bagi kami, sehingga kami dapat menyelesaikan tugas riset ini, dengan judul “Merakit komputer”.

Dalam melakukan tugas riset ini, kami tak lupa mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu kami dalam melakukan dan menyelesaikan tugas riset ini. Terutama kepada dosen pembimbing kami, bapak Herman M., S. Kom yang telah memberikan materi tentang pengantar teknologi info dan komunikasi, sehingga membantu melancarkan riset ini.

Demikian penyelesaian tugas riset ini, kami berharap riset ini dapat bermanfaat bagi kami sendiri maupun kepada pembaca umumnya..

Jakarta, 08 Desember 2010

Penulis





BAB I pendahuluan

1.1 Latar Belakang Masalah

Sejarah jaringan komputer dimulai tahun 1969. Tujuan dibuatnya jaringan komputer ini adalah, untuk mempermudah kita dalam mengerjakan sebuah pekerjaan. Komputer sudah tidak menjadi asing lagi di kalangan masyarakat. Penggunaannya terus saja berkembang dari tahun ke tahun yang mulanya hanya sebagai mesin pengolah informasi dan saat ini komputer lebih beragam penggunaannya terutama dalam internet.

Komputer juga bertujuan untuk memberikan wawasan kepada masyarakat luas dengan perkenalkan sejarah komputer beserta perangkatnya serta meningkatkan dan mengembangkan daya kreatifitas khususnya dalam bidang komputer.

Perangkat-perangkat komputer

CD-ROM

CD-ROM kepanjangan dari Compact Disk Read Only Memory. CD-ROM ini hanya bisa membaca data dari sebuah CD saja. Data yang dapat disimpan dalam sebuah CD-ROM ini mencapai 700MB. Untuk membaca isi CD-ROM, alat utama yang diperlukan adalah CD Drive. CD-ROM drive ini digunakan untuk membaca sebuah data dlam bentuk audio atau CD. Kelebihan dari CD-ROM ini adalah, media penyimpanan yang memiliki waktu yang panjang yang lebih baik dalam ruang cukup kecil. CD-ROM itu lebih efisien dari disket, lebih awet dan tidak mudah rusak. Namun CD-ROM juga memiliki kelemahan yaitu mereka cukup lambat dan bila ada goresan membuat disk tidak dapat digunakan. CD- ROM juga mempunyai keterbatasan seperti hanya bisa membaca informasi dari sebuah CD saja.


HARD DISK

Hard disk merupakan ruang simpan utama dalam sebuah komputer. Di hard disk lah seluruh sistem operasi dan mekanisme dijalankan. Hard disk didesain sebagai media penyimpanan data dalam kapasitas yang besar. Kapasitas penyimpanannya saat ini dalam jumlah Giga Byte. Kelebihan dari hard disk ini adalah dapat menyimpan data dengan kapasitas yang besar, pembacaan data nya lebih cepat, relative tahan lama, namun lamanya hard didk berdasarkan frejuensi komputer. Jika komputer dinyalakan 24 jam nonstop, maka usia hard disk tersebut tidak lebih dari 2 tahun. Hard disk pun memiliki kekurangan yaitu harganya relative mahal, bentuknya besar dan berat, mudah rusak. jika terkena benturan fisik, seperti jatuh. Hard disk memiliki komponen kecil, komponen utamanya adalah pelat yang berfungsi sebagai penyimpan data.


KIPAS PROCESSOR / FAN


Untuk mendinginkan komponen yang ada dalam komputer untuk menghindari panas yang berlebih maka menggunakan kipas dalam komputer. Komponen pendingin yang utama dalam komputer adalah kipas pendingin pada CPU (processor). Fungsi utama kipas processor ini adalah mengeluarkan panas dan menggantikannya dengan udara segar kedalam sistem. Fungsi lainnya adalah menjaga agar CPU tetap dalam suhu yang masih dapat ditolerir oleh CPU tersebut. Tetapi fungsi tersebut dapat terganggu dari debu-debu yang menempel pada baling-baling kipas tersebut. Sehingga diperlukan pemeliharaan rutin agar pendingin processor berjalan dengan baik. Karena debu-debu yang menempel akan sedikit demi sedikit mengurangi kinerja pendingin ini.

MOTHER BOARD

Mother board adalah papan rangkaian utama pada komputer dimana processor, memory, dan komponen-komponen lainnya terpasang yang bertugas mengatur lalu lintas dalam sistem motherboard. Motherboard tak kalah penting dengan processor, karena dia yang mengatur cara bekerjanya komputer.Motherboard yang tidak baik akan mengganggu kinerja komponen tersebut. Manfaat dari motherboard ini adalah pusat pengendali yang mengatur kerja semua komponen yang terpasang, juga mengatur pemberian daya listrik pada setiap komponen PC, lalu lintas data semuanya diatur oleh motherboard, mulai dari penyimpanan, memasukan data dan printer untuk mencetak.


PROCESSOR

Processor sering disebut juga sebagai otak dan pusat pengendali komputer yang didukung oleh komponen lainnya. Processor adalah sebuah perangkat yang mengatur keseluruhan jalannya sebuah sistem komputer dan digunakan sebagai pusat atau otak dari komputer yang berfungsi untuk menjalankan tugasnya. Processor terletak pada socket yang tersedia pada motherboard. Processor adalah sebuah chip yang ukurannya sudah mencapai Gigahertz.Fungsi dari processor adalah memproses data yang diterima. Processor ini merespon dan mengolah segala instruksi yang menghidupkan komputer. Untuk memasang processor, dilihat dulu socket yang digunakan pada motherboard.


RAM

RAM kepanjangna dari Random Access Memory. Perangkat yang berfungsi untuk menyimpan data. RAM bersifat sementara atau data yang disimpan dapat dihapus. Berbeda dengan RaM. RaM mempunyai fungsi yang sama namun RaM bersifat permanent atau data yang tersimpan tidak dapat dihapus. Kelemahan dari RAM ini adalah jika daya listrik dicabut dan komputer tersebut mati, maka semua data yang ada di dalam RAM akan segera hilang secara permanen. Secara fisik, RAM berbentuk chip yang mampu menyimpan data antara 8MB hingga 32GB. Perbedaan antara RAM dengan ROM adalah, RAM itu bagian memory yang digunakan untuk menyimpan data, kalau ROM itu menyimpan berbagai program yang sudah ada dalam komputer.


SOUND CARD

Suatu komponen yang terdapat dalam PC yang bertugas untuk menunjang fungsi suara dalam PC multimedia. Sound card diperlukan untuk mendengar hasil olahan komputer. Soundcard itu berfungsi untuk mengubah suara digital (suara dari file mp3, atau file musik lainnya) ke bentuk sinyal analog (suara yang dihasilkan oleh speaker). Kualitas sound card banyak dipengaruhi oleh chip DAC (Digital Analog Converter), yaitu alat yang merubah data digital menjadi analog. Sound card ini harus terhubung ke spiker. Namun bagusnya suara yang dihasilkan tidak hanya dilihat dari sound cardnya saja, namun juga dilihat dari speaker nya.


KABEL SATA & KABEL IDE

SATA kepanjangan dari Serial ATA.Kabel ini tipis dan panjangnya hanya 1 meter. Kabel SATA ini dipasangkan ke hard disk kemudian di sambungkan ke motherboard. Kabel SATA dan kabel IDE merupakan suatu kabel untuk menghubungkan harddisk dan CD ROM atatu DVD ROM ke motherboard. Kabel ini kuat dan tidak gampang putus.




Langkah-langkah perakitan Komputer

- Langkah Pertama
Lepaskan semua perangkat-perangkat yang ada dalam casing.

- Langkah kedua
Masukan processor ke dalam soket processor yang ada di dlam motherboard.

- Langkah ketiga
Pasang fan atau kipas processor pada motherboard yang berguna untuk mendinginkan processor tersebut.

- Langkah keempat
Setelah processor dan kipas processor dipasangkan pada motherboard, lalu pasangkan motherboard ke dalam casing.

- Langkah Kelima
Masukan power supply ke dalam casing komputer.

- Langkah keenam
Pasangkan kabel power supply ke colokan yang ada di dalam motherboard.

- Langkah ke tujuh
Pasangkan RAM ke socket yang ada dalam motherboard.

- Langkah kedelapan
Pasangkan Sound card pada soket yang ada dalam motherboard.

- Langkah kesembilan
Pasangkan kabel SATA ke hard disk ke motherboard. Kabel power supply ke hard disk.

- Langkah sepuluh
Pasangkan kabel IDE ke CD ROM atau DVD ROM lalu sambungkan ke motherboard.

- Langkah ke sebelas
Setelah semua terpasang,langkah terakhir colokan kabel power supply ke CD ROM atau DVD rom.

- Langkah ke duabelas
Colokan kabel monitor ke CPU.

- Langkah ke tiga belas
Colokan kabel mouse ke cpu yang telah terpasang.

- Langkah ke empat belas
Colokkan kabel power supply ke CPU.

- Langkah ke lima belas
Setelah semua terpasang dengan baik hidupkan komputer dan komputer pun siap dipakai...


SEKIAN
DAN
TERIMA KASIH

Tidak ada komentar:

Posting Komentar